Kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) telah menjadi program yang sangat bermanfaat bagi semua kalangan masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan kebugaran. Belum lama ini tepatnya pada hari Rabu tanggal 20 Februari 2019 di Lapangan Desa Pagerandong Kecamatan Mrebet telah dilaksanakan kegiatan Germas yang diikuti oleh masyarakat Kecamatan Mrebet khususnya, beberapa tamu undangan dari berbagai instansi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purbalingga, serta dihadiri pula oleh Ibu Plt. Bupati Purbalingga berlangsung dengan baik dan sukses.

Semangat masyarakat dalam mengikuti kegiatan ini tentunya menambah semarak dan keceriaan di mana hal ini terlihat dari banyaknya jumlah peserta, stand-stand produk unggulan antara lain produk UMKM dari masyarakat Kecamatan Mrebet, sajian pecel dari para kader kesehatan, fasilitas cek kesehatan dari Puskesmas Serayu Larangan, fasilitas cuci tangan pakai sabun, beragam hadiah door prize, dan lain sebagainya. Adapula Pembacaan Ikrar Kesepakatan Bebas ODF tahun 2019 dari para Kepala Desa di wilayah kerja Puskesmas Serayu Larangan. Besar harapan dari kegiatan Germas ini adalah semakin bertambahnya pengetahuan masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat dengan melakukan cek kesehatan berkala, menghindari asap rokok/ tidak merokok, rajin berolahraga, pengaturan pola makan yang baik antara lain dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah, cukup istirahat, serta mengelola kesehatan jiwa dan pikiran supaya tidak mudah stress.

Kesuksesan pelaksanaan kegiatan Germas ini tentunya tidak lepas dari kerjasama berbagai pihak baik dari instansi Pemerintah Kabupaten Purbalingga maupun aparatur Pemerintah Desa dan masyarakat pada umumnya. Kegiatan Germas ini diharapkan akan terus berlanjut dan dapat menjadi pedoman masyarakat dalam menjalani pola hidup sehat sehingga akan terjaga kesehatan jiwa dan raga yang seimbang.