PURBALINGGA INFO – Pada rangkaian acara Germas, masyarakat Kecamatan Mrebet diajak makan buah bersama oleh Plt. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Acara tersebut diselenggarakan Puskesmas Serayu Larangan, bertempat di Lapangan Desa Pagerandong, Rabu (20/2/2019).

“Rutin mengonsumsi buah dan sayuran adalah salah satu pesan Germas bapak dan ibu. Buah dan sayur ini memiliki banyak manfaat diantaranya adalah sumber utama antioksidan, buah dan sayur mampu mengatasi radikal bebas yang ada di dalam tubuh, selain itu buah dan sayur mampu mencegah berbagai penyakit seperti kanker, jantung koroner, mencegah obesitas, dan melancarkan pencernaan,” kata Tiwi.

Ia mengatakan, pentingnya menjaga kesehatan, karena sekarang ini terjadi transisi epidemiologi atau pergeseran pola penyakit.

“Dulu, mayoritas kematian disebabkan oleh penyakit menular, tetapi akibat transisi epidemiologi ini sekarang mayoritas kematian disebabkan justru oleh penyakit tidak menular seperti jantung dan stroke. Oleh karena itu saya kembali mengingatkan kepada bapak ibu untuk menjalankan 4 pesan germas, karena kesehatan adalah prioritas utama. Ketika tubuh kita sehat, kita tentunya bisa lebih produktif dan bisa menjalankan aktivitas dengan baik,” kata Tiwi.

“Ada 4 pesan germas yang perlu diperhatikan dan dilaksanakan. Pertama, melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari. Kedua mengkonsumsi buah dan sayuran. Ketiga cek kesehatan secara teratur terkait asam urat, gula darah, kolesterol dan lain-lain. Keempat istirahat cukup dengan prilaku hidup bersih yakni menghindari rokok,”lanjut Tiwi.

Dalam acara tersebut terdapat pula rehab RTLH untuk Bapak Gianto RT 1 RW 3 sebesar 10 juta rupiah dari Puskesmas Serayu Larangan, penyebaran benih ikan di Sungai Pingen, senam maumere, Gerakan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), gunungan buah dan makan buah bersama, penandatanganan komitmen ODF (open defecation free), dan sosialisasi Pemilu Serentak dari KPU dan Bawaslu.

Plt. Bupati juga menyerahkan beberapa bantuan berupa paket rasbangga, bantuan dari DinsosdaldukKBP3A berupa kursi roda, kruk, dan walker (alat bantu jalan), dan bantuan dari Dinas Kesehatan berupa jamban, bantuan PMT (pemberian makanan tambahan) untuk ibu hamil, balita, dan penderita TB. (PI-9)